Rabu, 27 September 2017

SEJARAH

Sejarah berdirinya GMIM Jakarta Barat & Sekitarnya.

Shalom... Damai dihati...
Puji Tuhan, pada hari Minggu tanggal 10 September tahun 2017 jam 10.00 WIB telah dilaksanakan pembukaan dan peresmian Jemaat GMIM IMANUEL Jakarta Barat dan Sekitarnya oleh Ketua BPMS Pdt. DR. HWB Sumakul, sehingga dengan demikian Jemaat GMIM IMANUEL Jakarta Barat dan Sekitarnya, resmi menjadi jemaat yang ke 963, dan sekaligus juga saat itu dilakukan Ibadah Minggu Perdana. Puji Tuhan, berdirinya jemaat ini bertepatan dengan bulan GMIM bersinode.

Pada pembukaan dan peresmian Jemaat GMIM IMANUEL Jakarta Barat dan Sekitarnya, sekaligus juga diadakan Ibadah Minggu yang merupakan Ibadah Minggu Perdana dan dihadiri sebanyak 130 orang yang terdiri dari panitia perintisan sekaligus sebagai Jemaat GMIM IMANUEL Jakarta Barat dan Sekitarnya, calon jemaat, simpatisan, undangan dan jemaat GMIM Cibubur, GMIM “Sentrum” Jakarta Pusat, GMIM Bekasi, GMIM “Maesa” Jakarta Timur. Hadir juga beberapa jemaat GMIM dari Manado yang bertepatan ada di Jakarta, bahkan pendeta GMIM yang datang khusus dari Sulawesi Utara.
Jemaat GMIM IMANUEL Jakarta Barat dan Sekitarnya sangat bersyukur karena berdirinya jemaat ini selain bertepatan dengan bulan GMIM bersinode, sekaligus juga dalam Ibadah Minggu Perdana tanggal 10 September 2017 dilakukan juga peneguhan Pelayan Khusus (PELSUS) yang terdiri dari Syamas dan Penatua, dan pelantikan Badan Pengurus Majelis Jemaat (BPMJ), Penasihat, Badan Pengawas Perbendaharaan, serta Komisi Kerja Jemaat GMIM IMANUEL Jakarta Barat dan Sekitarnya.
Sejarah berdirinya Jemaat GMIM "Imanuel" Jakarta Barat dan Sekitarnya, sesuai dengan keputusan Sidang Majelis Sinode Istimewa GMIM tahun 2016 di Gedung Wale Ne Tou, Sasaran Tondano pada tanggal 17-18 Mei 2016, yang pada intinya GMIM dalam pelayanannya tidak hanya ada di Minahasa, melainkan juga diluar Minahasa, seperti di Jabodetabek dan diluar negeri. Untuk itu sesuai SMSI GMIM tersebut, maka salah satu realisasinya adalah pada hari hari minggu 6 Nopember 2016 lahirlah GMIM Jabodetabek yang ibadah pembukaannya dilaksanakan di gedung PGI yang dipimpin oleh Pdt. DR. HWB Sumakul sebagai Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM.
Sesuai dengan program kerja dari Tim Kerja GMIM Jabodetabek yang diketuai oleh Ibu Pdt. Djoys A. Rantung (Ny. Karundeng) berdirilah GMIM di wilayah Jabodetabek, masing-masing GMIM Cibubur, Bekasi, Jakarta Timur, Jakarta Pusat yang sebelumnya merupakan GMIM Jabodetabek dimana awalnya ibadah-ibadah GMIM dilaksanakan. Selanjutnya, sesuai hasil pembicaraan dalam rapat Tim Kerja GMIM Jabodetabek, antara lain bahwa Pdt. Jenny Henny Rakian (Ny. Mewengkang) untuk merintis GMIM Jakarta Barat dan Tangerang, maka sejarah berdirinya GMIM Jakarta Barat dan Sekitarnya adalah sebagaimana yang dibuat oleh Pdt. Jenny Henny Rakian bersama suami Henry Mewengkang, dan disajikan seperti berikut ini.
Perkenankan kami memberikan informasi bahwa sesuai dengan rencana untuk kami merintis GMIM Jakarta Barat serta Tangerang & Sekitarnya (sesuai pembicaraan dalam beberapa kali pertemuan Tim Kerja GMIM Jabodetabek dan beberapa kali juga dengan BPMS), maka berikut ini beberapa hal dari apa yang sudah kami lakukan dengan memperhatikan pembicaraan Tim Kerja dan komunikasi dengan Ketua Tim Kerja dan beberapa teman Pendeta.
Setelah ada kegiatan Natal dan Paskah GMIM Jabodetabek serta Ibadah Hari Kenaikan bulan Mei 2017, kami mulai membangun komunikasi dengan saudara/keluarga dan beberapa orang serta ada yang dikenalkan oleh teman-teman Pendeta, untuk bersama merintis GMIM Jakarta Barat dan Sekitarnya.
Sejak bulan Juni 2017 kami membuat Konsep Perintisan GMIM Jakarta Barat & Sekitarnya dan diberikan kepada Ketua Tim Kerja GMIM Jabodetabek untuk dikosultasikan serta ditembuskan juga kepada Ketua BPMS, dan seterusnya kami mulai intensif dalam pembicaraan dengan beberapa keluarga serta kenalan dan juga mengadakan beberapa kali pertemuan tidak resmi.
Adapaun pertemuan resmi pertama bertepatan dengan adanya Ibadah Syukur Keluarga Mewengkang Rakian pada tgl 30/07/17 bertempat di Resto Waroeng Sunda Kedoya, yang dihadiri 30 orang dan 5 anak-anak. Dalam ibadah syukur dan pertemuan  tersebut dipimpin oleh Ibu Pdt. Djoys A. Rantung yang sekaligus memberikan penjelasan resmi adanya GMIM Jabodetabek serta garis besar apa yang dilakukan sejak adanya GMIM Jabodetabek, dan pembicaraan lebih lanjut  dari rencana pertemuan tersebut, termasuk pembentukan Panitia Perintisan GMIM Jakarta Barat dan Sekitarnya.
Selanjutnya kami bersama Panitia menindak lanjuti dengan  mengadakan beberapa kali pertemuan/rapat dan hasilnya antara lain menyusun kelengkapan panitia (terlampir), membuat planning dan action plan yang antara lain adalah rencana waktu pembukaan dan peresmian / Ibadah Minggu Perdana, tempat pelaksanaan pembukaan dan tempat ibadah setiap minggu, pembuatan proposal untuk pencarian dana yang dibutuhkan (terlampir), ibadah dan acara, humas untuk publikasi dan dokumentasi, sarana dan perlengkapan, konsumsi, transportasi dan akomodasi, serta hal-hal lain yang terkait, dalam beberapa kali pertemuan/ rapat panitia pada hari Sabtu, 5/8/17, 12/8/17 di Resto seven8nine dan beberapa kali rapat di rumah kami Meruya Selatan, di GMIM Cibubur sekalian ibadah minggu, termasuk panitia melakukan kunjungan sekaligus beribadah di gedung LAI, bahkan pembicaraan khusus panitia dalam grup panitia via medsos WA sehingga setiap saat terkomunikasikan dengan baik antar sesama panitia perintisan sampai dengan terlaksananya Pembukaan dan Peresmian GMIM "Imanuel" Jakarta Barat dan Sekitarnya sekaligus merupakan Ibadah Minggu Perdana. Ini semua terselenggara karena penyertaan Tuhan yang sangat dirasakan oleh panitia, sebab hanya dalam waktu singkat yaitu 1 bulan 10 hari panitia berjuang dengan keyakinan IMANUEL sehingga bisa terwujud Jemaat GMIM “Imanuel” Jakarta Barat dan Sekitarnya.
Jemaat GMIM "Imanuel" Jakarta Barat dan Sekitarnya pada awalnya diinventarisir kurang lebih 12 kepala keluarga dan beberapa orang pribadi dengan jumlah jemaat 35 orang. Puji Tuhan setelah Ibadah Minggu Perdana sekaligus Pembukaan dan Peresmian semakin banyak yang mengetahui hadirnya GMIM “Imanuel” Jakarta Barat dan Sekitarnya, sehingga setelah melaksanakan Ibadah Minggu sebanyak 3 kali (10/09/17, 17/09/17, dan 24/09/17), semakin bertambah Jemaatnya dan sesuai data sementara kurang lebih 20 kepala keluarga dengan jumlah jemaat 65 orang.
Adapun nama Jemaat GMIM "Imanuel" Jakarta Barat dan Sekitarnya digunakan setelah melakukan beberapa kali pembahasan dalam rapat panitia dan terus digumuli dalam doa. Nama “Imanuel” dirasakan lebih tepat karena sangat dihayati oleh panitia bahwa Tuhan Yesus beserta kita, dalam hal ini oleh panitia karena sebelumnya mengemuka nama “Diaspora” karena panitia yang ada tersebar dalam beberapa wilayah dan merupakan perantau yang berasal dari GMIM. Dan untuk penulisan “Jakarta Barat dan Sekitarnya”, selain memang panitia yang ada berasal dari wilayah tersebar, yaitu Tangerang, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dekat Barat, bahkan Jakarta Utara, sehingga selain penulisan “Jakarta Barat” ditambahkan  “dan Sekitarnya” sesuai dengan panitia dan jemaat yang akan dijangkau selain Jakarta Barat, juga Jakarta Selatan, Tangerang, dan wilayah yang belum ada GMIM atau tempat tinggal jemaat yang dekat untuk beribadah di Jakarta Barat.
Terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu kami sehingga terlaksananya rangkaian kegiatan pembukaan dan peresmian, khususnya temam-teman Panitia Perintisan GMIM Jakarta Barat dan Sekitarnya, lebih khusus lagi untuk terkasih yang sepenuh hati mendukung bahkan berperan aktif sejak awal konsep dibuat dan pelaksanaannya, dan untuk beberapa keluarga dan orang-orang yang dengan rendah hati menyatakan tidak ingin mencantumkan namanya dalam perintisan namun telah banyak melakukan kerja nyata.








Puji syukur pada Tuhan Yesus yang sudah dan terus selalu menyertai kami sehingga masalah-masalah yang dihadapi dapat teratasi karena pertolongan serta campur tangan Tuhan Yesus saja, amin.
Sementara ini yang dapat disusun sejarah berdirinya Jemaat GMIM IMANUEL Jakarta Barat dan Sekitarnya, selanjutnya akan terus disempurnakan.
Terima kasih.

Kami mohon doa dan dukungan dari semua Tim Kerja GMIM Jabodetabek dan arahan dari BPMS.
Tuhan Yesus memberkati pelayanan kita semua, amin.

Penyusun.

Lampiran :

SUSUNAN PANITIA PERINTISAN GMIM JAKARTA BARAT & SEKITARNYA
1.         Penanggung Jawab          : BPMS GMIM
2.         Penasehat                            : TIM KERJA GMIM JABODETABEK      
3.         Ketua                                     : Bpk Noch Lumintang
4.         Ketua I                                   : Ibu Eiva Toar Sinolungan
5.         Sekretaris                             : Ibu Anita Kountul Supit
6.         Sekretaris I                           : Bpk Ferry Maliangkay
7.         Bendahara                           : Bpk Wanny Bororing
8.         Bendahara I                         : Ibu Stince Nappo
9.         Bidang-bidang / Seksi      :
            A.         Bidang Ibadah & Acara
1. Pdt. Fefty Ompi Naray, M.Th.                    1. Bpk dr. George Mantiri
2. Pdt. Max G. Kalesaran, M.Th                     2. Ibu Christy Wongkar
3. Pdt. Cherly Mantiri Naray, M.Th.               3. Sdri. Gifty Repi
4. Pdt. J.H. Mewengkang Rakian S.Th.         4. Sdri Trifena Warongan
            B.         Bidang Humas (Publikasi, Dokumentasi & Penerima Tamu)
1. Bpk Berry Talumantak
2. Sdri Christika Toar
                        3. Sdri Jeannete Pelealu
            C.        Bidang Sarana & Perlengkapan
                        1. Bpk Ruddi Pelealu
                        2. Bpk Ipsan Antibe
                        3. Sdra Refandry
D.        Bidang Umum          
            - Usaha Dana                                     - Konsumsi               
                        1. Ibu Trixie Langie                                         1. Ibu Ferra Lumintang-Rakian
                        2. Bpk Jemmy Toar                                        2. Ibu Wenda Bororing Mumek
                        3. Ibu Ellen Montolalu Palit                             3. Ibu Chandrawati  Momongan
                        - Transportasi & Akomodasi                       - Umum
                        1. Bpk Herman Montolalu                               1. Bpk Ronni Haryoso
                        2. Sdra Aditya Dipo Nugroho                          2. Sdra Rover Malviano
                        3. Sdra Christio Sanggor                                3. Sdri Adivalni Toar



Lampiran :

PROPOSAL
PERINTISAN GMIM JAKARTA BARAT & Sekitarnya

PENDAHULUAN
Tuhan Yesus Kristus telah memberikan Gereja-Nya perintah untuk pergi memberitakan Injil. Kita harus “pergi dan menjadikan semua bangsa murid, mengajarkan mereka menaati segala sesuatu yang telah Ia perintahkan pada kita” (Matius 28:19-20). Ini pernyataan misi Gereja secara umum dan tentu bagi Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM). GMIM dipanggil untuk mengabarkan Injil ke seluruh dunia, menjadikan murid dan menaati perintah Yesus Kristus.
Puji Tuhan, pada tanggal 6 Nopember 2016, merupakan catatan sejarah tersendiri  bagi Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM), secara resmi tanggal tersebut  merupakan hadirnya  GMIM di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya  dengan dirangkaikan perayaan HUT Ke-82 GMIM Bersinode. Hadirnya GMIM di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya  berkomitmen untuk terus  menjalankan tugas panggilanya yaitu  bersekutu, bersaksi dan melayani Tuhan.
Pelaksanaan Tritugas panggilan pelayanan GMIM mengupayakan program-program riil yang akan lebih mudah menyentuh ke jemaat-jemaat yang membutuhkan kehadiran gereja. Satu wujud program pelayanan GMIM diantaranya adalah ibadah-ibadah minggu, pelayanan kategorial bapak, ibu, pemuda/remaja dan anak. Pelayanan sakramen baptisan dan perjamuan kudus serta pemberkatan nikah. Pelayanan diakonia, yakni pelayanan di rumah sakit dan perkunjungan orang sakit, serta pelayanan kedukacitaan.
 Program pelayanan GMIM menyebar untuk menjawab kerinduan dan kebutuhan jemaat akan pelayanan yang menyentuh dan nyata, serta mengajak kepada seluruh warga GMIM yang tersebar di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya beserta seluruh warga masyarakat agar menopang dalam doa untuk kesejahteraan kota dan bangsa Indonesia dalam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Kehadiran GMIM di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya sudah secara resmi ada di beberapa tempat, selain yang di gedung LAI yang sudah diresmikan tanggal 6 Nopember 2016, telah ada di Cibubur dan sekitarnya, Bekasi dan sekitarnya, Jakarta Timur, dan juga di Bandung.
Hal ini jugalah yang melatarbelakangi Tim kerja perintisan GMIM Jakarta Barat yang secara resmi telah terbentuk dan disahkan dalam pertemuan ibadah pada tanggal 30 Juli 2017 (berdasarkan SK No. 10/TK-GMIM Jabodetabek/VIII-2017), berkomitmen dalam iman kepada Yesus Kristus Kepala gereja dan pelayanan bersama untuk perintisan jemaat GMIM Jakarta Barat dan sekitarnya.
MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud Perintisan GMIM Jakarta Barat dan sekitarnya adalah mewadahi serta menjangkau warga jemaat GMIM yang bertempat tinggal di wilayah Jakarta Barat dan sekitarnya dengan fenomena kehadiran  jemaat GMIM yang tinggal di Jakarta Barat dan sekitarnya yang karena pekerjaan, studi, berobat, tour, dan lain-lain.
Tujuan untuk melayani umat Tuhan dalam satu persekutuan umat yang beribadah serta mensyukuri karya Tuhan Yesus Kristus bagi umat manusia dalam satu wadah gereja yang resmi dengan diizinkan Tuhan untuk hadirnya jemaat GMIM Jakarta Barat dan Sekitarnya.
DASAR PELAKSANAAN.
1.         Keputusan Sidang Majelis Sinode Istimewa (SMSI) yang dilaksanakan di Minahasa, tanggal 17 – 18 Mei 2016, tentang Perubahan Tata Gereja GMIM 2007, bahwa GMIM sudah dapat didirikan diluar tanah Minahasa baik skala Nasional maupun skala International (Bab I Pasal 1 Ayat 1 dan Penjelasannya : Tata Gereja GMIM 2016)
2.         Tata  Gereja  GMIM  2016 : Tata Dasar  Bab I  Pasal  Ayat 1 dan  penjelasannya.
3.         Surat Tugas  Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM SK No. B.1326 Tahun 2016 dan Nomor K:K. 1036/PPPD.I.1/7-2017 tentang penugasan Pendeta Dr. Djoys Rantung M.Th. Sebagai Ketua Tim Kerja GMIM Jabodetabek untuk melaksanakan tugas selama perintisan dan pelayanan di Jemaat GMIM Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) dan Bandung.
4.         SK Panitia Perintisan GMIM Jakarta Barat dan sekitarnya, Nomor: 10/TK-GMIM  JABODETABEK/VII-2017, tanggal 6 Agustus 2017, tentang pembentukan panitia perintisan jemaat GMIM Jakarta Barat dan sekitarnya.
TAHAPAN PELAKSANAAN
Dengan pertolongan Tuhan, maka tahapan pelaksanaannya adalah sebagai berikut :
1.         Tahap I : Juli 2017     
- Pertemuan Saudara seiman Tim Perintisan GMIM Jakarta Barat dan sekitarnya
- Pembentukan Panitia Tim Perintisan GMIM Jakarta Barat dan sekitarnya

2.         Tahap II : Agustus 2017
- Rapat panitia untuk persiapan perintisan dan Membuat Proposal
- Mencari tempat untuk pelaksanaan Ibadah Pembukaan dan Hari Minggu

3.         Tahap III  : September 2017 
- Menyusun Calon Pengurus GMIM Jakarta Barat dan sekitarnya
- Ibadah Pembukaan / Ibadah Perdana

4.         Tahap IV  : Oktober 2017 dan Seterusnya   

WAKTU & TEMPAT PELAKSANAAN
            Hari / Tgl        : Minggu, 17 September 2017
            J a m               : 10.00 – 14.00 WIB
            T e m p a t      : Ballroom Gallery West - Gedung Wisma AKR - Jakarta Barat


DAFTAR NAMA-NAMA PENDETA GMIM JABODETABEK

NO.     N A M A   P E N D E T A                                           NO. HP
01.       Pdt. Dr. Djoys Karundeng-Rantung, M.Th.               081316022209
02.       Pdt. Jeffry Maramis, S.Th., M.Teol.                          082112833390
03.       Pdt. Krise Anki Rotti-Gosal, S.Th.                            08124452332
04.       Pdt. Julin Kawatak, S.Th.                                         081317191276
05.       Pdt. Max G. Kalesaran, M.Th.                                  081340509722
06.       Pdt. Cherly Mantiri-Naray, M.Th.                              081356055843
07.       Pdt. Fefty Ompi-Naray, M.Th.                                  081286385555
08.       Pdt. Ellen Longkeng-Laotongan, S.Th.                    085281411117
09.       Pdt. Ruddy Marentek, S.Th., M.Min.                        081263601991
10.       Pdt. Jimmy S. Sundalangi, S.Th., M.Min.                 081322630666
11.       Pdt. Maria C. Rusjianto-Mambu, S.Th., M.Pd.K.      08129071616 
12.       Pdt. Meyke Rambi-Poluan, S.Th.                             08129988025
13.       Pdt. Oni Sundalangi-Ango, S.Th.                             081318344555
14.       Pdt. Meylita Kalesaran-Runtuwene, M.Th.               082188703399
15.       Pdt. Roeth Tentero-Mentang, S.Th.                          081340079656
16.       Pdt. Jenny Henny Mewengkang-Rakian, S.Th.        085240909270


PENUTUP
Demikianlah Proposal Perintisan GMIM Jakarta Barat dan Sekitarnya ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya. Doa kita bersama dengan adanya GMIM Jakarta Barat dan Sekitarnya,  semakin memperteguh iman kita semua dan nama Tuhan Yesus dipuji dan dimuliakan. GMIM terus dipakai Tuhan untuk menjadi saluran berkatNya.

Jakarta, 14 Agustus 2017
Panitia Perintisan GMIM Jakarta Barat & Sekitarnya

    Ketua                                         Sekretaris                  




Bapak Noch Lumintang                   Ibu Anita Kountul Supit

Mengetahui
Ketua Tim Kerja GMIM Jabodetabek




Ibu Pdt. Dr. Djoys Karundeng Rantung M.Th.






2 komentar:

  1. Puji Tuhan, sudah ada blog khusus untuk Jemaat GMIM Imanuel Jakbar dan sekitarnya...Terima kasih kepada penulis artikel (Pak Henry) Tuhan Yesus memberkati kita semua

    BalasHapus
  2. wayne bororing.
    bagai mana dengan hutang mu ini.
    tolong di selesaikan.
    total tagihan 28 jt untuk 2 kartu.
    hubungi saya bos..081318497647

    BalasHapus

Ibadah Minggu 03/11/19

IBADAH HARI MINGGU Jemaat GMIM IMANUEL Jakarta Barat dan Sekitarnya Minggu, 03 Nopember 2019 - Pagi Jam 10.00 WIB Gedung Raffles Col...